Minggu, 06 Februari 2011

Susun data sebagai tabel yang baik. Kenapa ?


Muatan :


  • Kilasan tentang tabel
  • Bentuk tabel sederhana
  • Bentuk tabel turunan


Kilasan

Penyusunan data yang baik akan memudahkan proses pengolahan. Sering kali dijumpai sebuah data disusun dalam sebuah tabel yang sekaligus menjadi tabel input maupun tabel output. Hal ini membuat susunan tabel menjadi tidak sederhana lagi, sehingga proses pengolahan data menjadi terhambat akibat kompleksnya susunan tersebut.




Tabel yang sederhana. Seperti apa sih ?

Tabel input dan tabel output sangat spesifik sesuai kebutuhan, tetapi tabel data tetaplah sesederhana mungkin. Tabel data umumnya memiliki beberapa karakteristik, seperti :
  • memiliki kolom (field) dan baris data (records)
  • nama kolom bersifat unik (tidak terduplikasi)
  • sebuah kolom hanya memiliki satu tipe data
  • antar kolom tidak terpisah kolom kosong tanpa nama kolom
  • nama tabel sebagai nama sheet
  • header selalu diletakkan pada baris pertama dan hanya satu baris saja
  • antar baris tidak terpisah baris kosong ataupun baris subtotal
Contoh : Tabel Kurs USD
Tabel paling sederhana sering disebut sebagai tabel normal. Antar tabel sederhana dihubungkan oleh field utama. Umumnya sebuah tabel yang memiliki field waktu memiliki hubungan dengan tabel referensi pada field utama selain waktu. Tabel referensi ini bersifat unique records. Contoh : Tabel Daftar Valuta
Antara kedua tabel di atas berhubungan melalui kode valuta, yaitu field val pada tabel kurs_usd dengan field valuta pada tabel ref_valuta. Setiap tabel sebuah database pada umumnya disusun dengan struktur tabel normal kemudian disusun relasi antar tabel tersebut.


Tabel turunan. Apa lagi sih ini ?

Pengolahan data di Excel tidak sepenuhnya harus berdasar tabel normal, tetapi cukup dengan susunan tabel yang sederhana. Kebutuhan pengolahan data di Excel sangat spesifik berdasar karakteristik proses pengolahan yang dilakukan.

Misalkan saja data yang dibutuhkan adalah per tahun dengan pengolahan per bulan. Maka data dasar untuk pengolahan disusun dalam susunan series per bulan (12 kolom bulan), disertai kolom rata-rata per tahunnya. Tabel dasar pengolahan adalah tabel turunan dari sebuah tabel normal. Susunan tabel sederhana yang dibutuhkan adalah seperti gambar berikut ini.
Yang perlu selalu diingat adalah kegunaan tabel turunan di atas untuk proses pengolahan data selanjutnya. Andai tabel turunan di atas adalah hasil akhir, maka data dasar pengolahan adalah tabel normal seperti tebel kurs_usd dan tabel ref_valuta.


8 komentar:

  1. Mr. Kid,

    Bikin buku dong, pasti laris deh :)

    BalasHapus
  2. @Anonim :
    Sudah lama nyusunnya, tetapi belum kelar juga. Moga-moga bisa serius nyusunnya dalam waktu dekat. Doakan ya Pak/Bu.

    BalasHapus
  3. klo bisa diselesaikan bukunya mas,.. smangat..., sya jg prcaya akn disukai orng dan laris,..

    BalasHapus
  4. Insya Allah.
    Terimakasih atas dukungannya.

    BalasHapus
  5. mantab turtorial ang ada di blog nya mas mr. kid... saya dukung buat buku aja mas..:)

    BalasHapus